Search....

Dasar-dasar untuk men-download lebih aman

Setiap kali Anda men-download file-apakah Anda membuka spreadsheet dilampirkan ke pesan email, ambil screensaver sedikit dingin atau kursor mouse dari web, atau men-download file musik atau video dari komputer orang lain-Anda bisa meletakkan komputer Anda beresiko.

Anda dapat mengambil beberapa langkah dasar untuk melindungi PC Anda dan jaringan perusahaan Anda:

  • Set up komputer Anda dengan perlindungan keamanan. Ketika Anda meng-upgrade ke Windows 7 dari Windows XP, Anda secara otomatis mendapatkan banyak perlindungan keamanan dibangun langsung ke dalam sistem.
  • Meningkatkan kesadaran Anda metode serangan sehingga Anda dapat waspada bagi mereka.
  • Gunakan alat untuk menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan yang telah didownload ke komputer Anda (meskipun upaya terbaik Anda untuk mencegah).

Berikut caranya:

1. Bersiaplah: Memperkuat pertahanan komputer Anda

Mulailah dengan memeriksa dengan administrator sistem Anda untuk mencari tahu tentang alat-alat keamanan perusahaan Anda dan kebijakan. Baca artikel keamanan Memahami dan komputasi lebih aman dan Bagaimana meningkatkan pertahanan malware Anda dan melindungi PC Anda untuk mendapatkan gambaran tentang jenis-jenis ancaman yang ada dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan terhadap mereka. Karena ancaman baru diidentifikasi setiap hari, ingat untuk menjaga komponen-termasuk pada daftar berikut-up to date keamanan Anda.
  • Firewall. Ini termasuk perangkat keras atau perangkat lunak yang memeriksa informasi yang datang dari internet dan juga menjauhkannya atau memungkinkan itu terjadi. Firewall dibangun ke dalam Windows XP Service Pack 2 dan semua versi sistem operasi Windows.
  • Perlindungan antivirus. Virus, worm, dan Trojan adalah program yang menggunakan internet untuk menginfeksi komputer rentan. Microsoft Security Essentials menawarkan gratis, perlindungan real-time untuk PC Anda terhadap perangkat lunak berbahaya. Atau memilih program antivirus dari daftar mitra Microsoft yang menyediakan perangkat lunak anti-malware.
  • Perlindungan spyware. Spyware dapat menampilkan iklan dan pop-up, mengumpulkan informasi, dan mengubah pengaturan komputer Anda atau home page default tanpa Anda mengetahui tentang hal itu. Gunakan Windows Defender, yang tersedia sebagai download gratis untuk Windows XP Service Pack 2 dan dibangun ke versi Windows. Atau menginstal program antispyware Anda sendiri.
  • Software update. Regular update ke Windows membantu melindungi komputer Anda terhadap virus baru dan ancaman keamanan lainnya. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari browser web Anda, dan nyalakan  browser's security features.
  • Email filter spam. Microsoft Outlook termasuk junk filter email, seperti yang dilakukan banyak program email lain, bersama dengan fitur tambahan yang dapat membantu memblokir pesan yang tidak diinginkan, menonaktifkan link, dan memperingatkan Anda tentang mengancam konten.

2. Download with caution: Think first. Click later.

Dengan pertahanan komputer Anda diperkuat, sisanya terserah Anda. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi komputer Anda.

  • Waspadalah terhadap pesan email penipuan. Jangan klik link atau membuka lampiran kecuali Anda yakin sumber. Dalam pesan pop-up atau peringatan, klik Tutup kotak
  • Hanya men-download dari situs terkemuka. Berhati-hatilah dalam men-download dari sumber yang tidak diketahui dan dari situs yang mengandung materi yang atau terlalu-baik-untuk menawarkan be-benar. Microsoft Download Center, misalnya, adalah yang terbaik, sumber paling aman untuk produk Microsoft. Bookmark dalam favorit Anda, dan check it out untuk menemukan download yang paling populer, uji coba gratis, dan perangkat lunak terbaru yang tersedia
  • Menginstal dan menggunakan program file-sharing hati-hati. Bila Anda menggunakan program file-sharing untuk perdagangan musik, video, atau file lain di web, Anda membuat beberapa file Anda-atau bahkan Anda seluruh hard disk drive tersedia untuk orang lain menggunakan software yang serupa.
  • Simpan file untuk download lebih aman. . Jika Anda memutuskan untuk download file dari internet, menyimpan file pertama ke hard drive Anda. Kemudian, ketika Anda mencoba untuk membuka file, perangkat lunak antivirus Anda dapat memeriksa file dan menghapusnya jika mendeteksi kode yang berpotensi merusak. Untuk melakukan hal ini, di kotak dialog Unduh Berkas, klik tombol Save bukan Run atau tombol Open.
3. Menghapus perangkat lunak berbahaya

Kadang-kadang, meskipun upaya terbaik Anda, Anda dapat mendownload program yang Anda tidak ingin. Jika ini terjadi pada Anda, berikut adalah beberapa cara untuk menyingkirkan itu:
  • Jalankan alat antispyware. Windows Defender, yang dibangun ke dalam Windows Vista dan Windows 7, mengurangi kemungkinan men-download spyware di tempat pertama. Jika Anda menggunakan program antispyware lain, pastikan itu adalah up to date dan kemudian memindai sistem Anda, mengikuti petunjuk untuk menghapus perangkat lunak mencurigakan.
  • Jalankan alat penghapusan perangkat lunak berbahaya. Pengguna Windows versi sebelumnya yang menduga bahwa malware yang menyebabkan komputer mereka untuk memperlambat atau gagal dapat menggunakan Malicious Software Removal Tool untuk menghapus malware.
  • Nonaktifkan add-ons. Web add-on browser dapat menampilkan hal-hal seperti toolbar dan saham tickers tetapi juga dapat menginstal spyware atau perangkat lunak berbahaya lainnya. Di Internet Explorer, Anda dapat menonaktifkan add-ons dari menu Tools. Klik Manage Add-ons, pilih salah satu yang Anda ingin menonaktifkan, dan kemudian klik Nonaktifkan.
Karena sifat perubahan potensi serangan, mencegah perangkat lunak berbahaya dari merusak komputer Anda membutuhkan kewaspadaan terus menerus. Namun, dengan menginstal dan memperbarui alat perlindungan dan dengan menggunakan hati-hati ketika Anda bekerja, Anda dapat membantu meminimalkan risiko.
thanks to microsoft
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

mohon menggunakan bahasa yang baik