Search....

Cara Reset Command Prompt atau PowerShell Window

Bagi anda yang suka bermain di dunia Command Prompt atau PowerShell, Anda pasti anda akan mengubah penampilan mereka. seperti mengubah font, ukuran, warna latar belakang dan hal-hal lain.

Command Prompt atau PowerShell Window

Akan tetapi disaat anda bosan dengan tampilan yang sudah anda modifikasi ketika anda ingin mengembalikannya seperti semula ternyata Tidak ada "Restore Default" tombol tersedia!

Kali ini saya share Cara Reset Command Prompt atau PowerShell Window seperti semula/default.
Cara Reset Command Prompt atau PowerShell Window ini cukup mudah.
Ada dua cara untuk memperbaikinya seperti semula .

Cara pertama Reset Command Prompt atau PowerShell Window  :


  • Buatlah system restore windows anda,untuk memastikan mengembalikan system anda pada saat ini.jika anda tidak suka dengan hasilnya.
  • silahkan download file di akhir artikel ini yang sudah saya buat dan ektrack file tersebut.
  • Didalam arsip tersebut terdapat file bernama command_prompt.reg
  • kemudian jalankan file tersebut.
    commad prompt
  • Sebuah UAC (User Account Control) prompt akan ditampilkan setelah anda klik 2x. Konfirmasikan bahwa Anda ingin untuk terus maju. Kemudian, Anda akan ditanya apakah Anda yakin Anda ingin melanjutkan. Klik atau tekan Yes.
    commad prompt
  • Beberapa perubahan akan dilakukan untuk registri Windows. Mereka menjelaskan, secara rinci, di bagian kedua dari artikel ini. Registry Editor menegaskan bahwa perubahan yang berhasil dilakukan.
    regedit
  • kemudian klik OK
kedua Command Prompt atau PowerShell Window sekarang sudah direset atau sudah default.Hal ini karena mereka berbagi folder registri yang sama. Anda tidak bisa hanya reset salah satu dari mereka untuk merubah default.

Cara kedua Cara Reset Command Prompt atau PowerShell Window

Cara yang kedua ini adalah cara manual yaitu modifikasi system registry

Mulailah dengan membuat System Restore point, sehingga Anda dapat kembali jika anda melakukan kesalahan atau Anda tidak puas dengan hasil akhir.

Kemudian, Anda perlu untuk memulai Registry Editor. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetik regedit.exe atau regedit, langsung di layar Start Windows 8 atau di Start Menu kotak pencarian Windows 7.

regedit

Atau anda juga bisa membuka registry editor mulalui run windows dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan.

regedit


kemudian tekan enter

Registry Editor memerlukan izin administrator untuk membukanya, sehingga sebuah UAC (User Account Control) prompt ditampilkan. Konfirmasikan bahwa Anda ingin memulai Registry Editor dengan izin administrator.

Sekarang anda masuk ke HKEY_CURRENT_USER

regedit

Di folder inilah Command Prompt dan PowerShell menyimpan pengaturan mereka terkait bagaimana jendela mereka ditampilkan. Anda perlu menghapus folder / registri kunci ini, sehingga Windows akan setel ulang semua nilai ke setelan default.

Untuk menghapusnya anda tinggal klik kanan pada foldel CONSOLE kemudian pilih DELETE.
Keluarkan registry editor kemudian restart-lah PC anda.



KESIMPULANNYA

Kedua Command Prompt dan PowerShell sekarang sudah di-reset ke default. Satu hal yang perlu diingat ini berlaku untuk satu account pengguna Anda.jika anda ingin mereset Command Prompt atau PowerShell Window pada pengguna lain anda perlu masuk ke pengguna yang lain dan lakukan seperti diatas.


Download :

1 comment:

  1. maaf min mau nanya , puny sya folder consol nya tidak ada min?

    ReplyDelete

mohon menggunakan bahasa yang baik