Search....

Memperbaiki Missing or Corrupt File pada Booting Windows

Windows 7 file sistem penting kadang-kadang rusak atau menjadi hilang, karena kejadian tak terduga seperti listrik tiba-tiba mati atau beberapa perangkat keras atau perangkat lunak malfungsi. Salah satu alat yang dapat membantu dalam kasus tersebut adalah System File Checker (SFC). Ini adalah alat sistem baris perintah yang memindai integritas Windows 7 sistem file dan menggantikan sistem file rusak atau hilang. Dalam artikel ini Anda akan belajar bagaimana menggunakan utilitas ini dari Command Prompt untuk memecahkan masalah Anda.

CATATAN: Bila file sistem yang korup atau hilang mencegah sistem operasi dari boot normal, Anda perlu menggunakan Windows 7 setup DVD atau System Repair Disc untuk memulai Command Prompt dan, dari sana System File Checker (SFC) akan dimulai. Jika Windows 7 boot, tetapi Anda mendapatkan pesan tentang hilang file sistem, Anda akan dapat memperbaiki masalah dengan menjalankan System File Checker (SFC) di Command Prompt (CATATAN: harus dijalankan sebagai administrator).


Memperbaiki Missing or Corrupt File Jika Windows Tidak Dapat Booting

Pada jendela Command Prompt, gunakan perintah sfc dengan dua parameter tambahan: / offbootdir dan / offwindir.

Keterangan :
Parameter / offbootdir digunakan untuk menentukan partisi boot - partisi yang berisi file boot yang dibutuhkan untuk boot Windows 7.  / offwindir parameter dirancang untuk menentukan lokasi direktori Windows 7.

Sebagai contoh, saya ingin memindai drive yang berisi sistem operasi saya. Pada komputer saya itu D:. Pada kebanyakan komputer, umumnya adalah C:. Direktori tempat Windows 7 diinstal di komputer saya adalah D: \ Windows

Maka dari itu saya harus mengetikkan sfc / scannow / offbootdir = d: \ / offwindir = d: \ windows dan tekan Enter
Keterangannya adalah Terjemahan untuk perintah ini : memindai folder windows terletak di partisi boot, dalam hal ini D: partisi, dan memperbaiki file yang hilang atau rusak.
Untuk lebih jelasnya simakgambar berikut ini :

cmd repair

Jika ditemukan file yang hilang atau corrupt maka system akan otomatis memperbaikinya.

"windows resource protection found corrupt files and successfully repaired them"

Memperbaiki Missing or Corrupt File Jika Windows Bisa Booting Normal

Jika komputer anda bisa booting secara normal layaknya windows normal,anda bisa memperbaikinya melalui Command Prompt,
Sekarang buka Command Prompt seperti biasa dan jangan lupa gunakan ADMINISTRATOR untuk menjalankannya.

Setelah terbuka Command prompt silahkan ketik sfc /scannow pada kotak command prompt,
maka akan terlihat seperti dibawah ini :

cmd repair

Jika ada file korup ditemukan, windows akan memperbaiki secara otomatis dan file log yang dibuat, umumnya ditemukan di lokasi ini: C:\Windows\Logs\CBS\cbs.log.

Maka hasilnya dari command prompt akan tampak seperti gambar ini :

cmd repair


Mudah-mudahan Anda tidak akan perlu menggunakan perintah ini untuk memperbaiki file sistem Anda. Namun, jika Anda memiliki masalah, jangan ragu untuk mempertimbangkan menggunakannya. Semoga tutorial ini akan berguna bagi Anda ketika anda membutuhkannya.

4 comments:

  1. Terimakasih juragan tutorialnya sudah membantu kesulitan saya, semoga sukses selalu, kalau ada waktu kritik dan saran ia buat blog newbie saya.

    ReplyDelete
  2. kok tidak bisa selalu was unable for repair

    ReplyDelete
  3. Ini bisa memperbaiki windows 8 juga?

    ReplyDelete
  4. Ini bisa memperbaiki windows 8 juga?

    ReplyDelete

mohon menggunakan bahasa yang baik