Search....

Bagaimana mengoptimalkan daya baterai pada laptop Anda

Pernahkah Anda kehabisan daya baterai pada laptop Anda, notebook, atau netbook selama pertemuan atau kelas? Baterai yang cukup merupakan tantangan tersendiri bagi pengguna mobile PC. Anda dapat mengambil langkah-langkah perawatan sederhana untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda. Sistem operasi Windows juga menawarkan beberapa cara untuk membantu memaksimalkan masa pakai baterai komputer mobile Anda.

Pada artikel ini, saya akan memperkenalkan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengisi ulang baterai dan memperpanjang hidup baterai laptop, dan saya akan membahas bagaimana untuk mengambil keuntungan dari pengaturan Windows untuk mengelola daya lebih efisien.
http://softarema.blogspot.com/
Perlakukan dengan benar baterai Anda

Untuk on-the-go komputasi, baterai Anda adalah teman terbaik Anda. Mengetahui bagaimana ia suka diperlakukan adalah langkah pertama untuk menjaga Anda berdua bahagia.
  • Jaga kontak baterai bersih. Kontak baterai bisa kotor atau berkarat dari waktu ke waktu, mengurangi pengiriman efektif kekuasaan. Dengan PC mobile Anda dimatikan dan dicabut dari sumber daya eksternal, keluarkan baterai. Gunakan kain yang sedikit dibasahi dengan alkohol untuk menyeka kontak logam pada baterai dan di dalam perangkat. Biarkan mereka benar-benar kering sebelum dipasang baterai dan menghubungkan kembali ke sumber listrik. Ulangi prosedur ini setiap dua sampai tiga bulan.

  • Mengisi baterai Anda dengan benar. Ketika Anda sedang berada di jalan, pastikan untuk membawa kabel listrik dan pasang di komputer Anda setiap kali Anda memiliki kesempatan. Berbeda dengan generasi yang lebih tua seperti baterai isi ulang berbasis nikel (NiMH) baterai, baterai lithium ion modern dapat sebagian habis dan diisi ulang berulang-ulang dengan tidak ada efek berbahaya, tetapi Anda harus menghindari pemakaian penuh baterai lithium ion. Konsultasikan manual pemilik Anda untuk tips lebih spesifik tentang pengisian, dan tidak pernah menggunakan adaptor AC (kabel listrik) atau pengisi daya baterai yang tidak disetujui oleh produsen perangkat Anda.

  • Benar-benar menguras baterai berbasis nikel secara berkala. Jika Anda menggunakan laptop yang lebih tua (berusia minimal tiga tahun) dengan nikel-metal hidrida (NiMH) baterai, pastikan untuk benar-benar menguras dan mengisi ulang (setiap bulan-berkonsultasi dengan panduan manual 2:59 pemilik Anda) untuk memastikan bahwa hal itu akan terus terisi penuh. (Kebanyakan mobile PC baru menggunakan baterai lithium ion, yang tidak perlu dikeringkan untuk memaksimalkan kapasitas mereka.) Untuk menguras baterai NiMH, cukup menyalakan komputer Anda, cabut dari sumber listrik eksternal, dan membiarkan komputer dijalankan. Untuk mempercepat, Anda bisa mulai beberapa aplikasi, mengubah kecerahan layar ke level tertinggi, dan mengabaikan semua strategi hemat kekuatan besar di bawah ini. Setelah listrik sudah benar-benar terkuras, mengisi ulang baterai sampai penuh. Ini bisa memakan waktu hingga 12 jam.

  • Mendinginkannya. Komputer mobile yang Anda menghasilkan panas, dan suhu operasi yang lebih tinggi mengurangi efisiensi perangkat Anda, yang pada gilirannya menuntut lebih banyak daya baterai dan dapat mempersingkat masa pakai baterai. Pastikan bahwa komputer Anda dapat "bernapas": Jangan biarkan pakaian, benang, atau penghalang lainnya memblokir ventilasi pendingin

  • Membawa cadangan. Membeli baterai ekstra adalah investasi yang baik untuk ketenangan pikiran Anda. Harga baterai bervariasi. Anda dapat secara signifikan meningkatkan daya tersedia untuk Anda jika Anda bersedia untuk berbelanja secara Royal sedikit. Hubungi produsen PC mobile Anda untuk menemukan baterai pengganti, atau cari di sini.

  • Menyimpannya dengan benar. Jika Anda tidak berharap untuk menggunakan komputer mobile Anda selama seminggu atau lebih, itu ide yang baik untuk menyimpan baterai, dibuang ke sekitar 40 persen dari kapasitas penuh, di tempat yang dingin. Klik ikon status baterai di area pemberitahuan taskbar Windows untuk memeriksa muatan arus. Hindari menyimpan baterai sepenuhnya habis-atau baterai yang terisi penuh-lithium ion untuk waktu yang lama, karena hal ini dapat berkurang.
Mengoptimalkan pengaturan daya

Layar dan hard disk pada PC mobile Anda adalah dua konsumen terbesar daya baterai. Dengan memilih rencana daya (disebut skema daya pada Windows XP), Anda dapat memperpanjang hidup baterai Anda dengan secara otomatis menurunkan kecerahan layar dan mengurangi fungsi power-hungry lainnya. Sebuah rencana listrik adalah kumpulan perangkat keras dan sistem pengaturan yang mengontrol bagaimana PC mobile Anda mengelola power.
Anda juga dapat membuat skema daya kustom untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Anda dapat membuat sebagai banyak skema daya kustom yang Anda inginkan.

  • Sleep (Standby)

    Dalam keadaan sleep (standby), tampilan dan hard disk mematikan, dan semua program yang terbuka dan file disimpan dalam random access memory (RAM)-Anda komputer sementara memori daripada hard disk. Informasi yang tersimpan dalam RAM akan dihapus ketika komputer dimatikan, jadi itu adalah ide yang baik untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum menempatkan sistem anda dalam mode tidur atau siaga. Jika tidak, Anda mungkin kehilangan data jika Anda kehilangan kekuasaan atau baterai pertukaran atau jika sistem anda crash.

    Sleep (standby) sangat berguna ketika Anda menggunakan mobile PC Anda sebentar-sebentar pada siang hari. Misalnya, ketika mengemudi antara kantor klien, menempatkan komputer Anda untuk tidur atau siaga untuk memaksimalkan umur baterai Anda dan untuk menjaga akses cepat untuk membuka program, file, dan dokumen. Bila Anda ingin menggunakan komputer Anda lagi, bangun cepat, dan desktop Anda dikembalikan persis seperti yang Anda meninggalkannya.

  • hibernasi

    Dalam hibernasi, komputer Anda menyimpan segala sesuatu ke hard disk Anda dan kemudian mati. Ketika Anda me-restart komputer, desktop Anda dikembalikan persis seperti yang Anda meninggalkannya. Hibernasi menggunakan daya kurang dari keadaan sleep (standby), namun dibutuhkan sedikit lebih lama untuk melanjutkan.

  • hybrid Sleep

    Hybrid tidur adalah fitur hemat daya dirancang terutama untuk komputer desktop. Tidur Hybrid menyimpan dokumen dan program terbuka untuk random access memory dan hard disk Anda dan kemudian menempatkan komputer Anda ke dalam keadaan daya rendah.

  • Menyesuaikan kecerahan layar

    Anda juga dapat menghemat daya baterai dengan mengurangi kecerahan layar. Untuk menyesuaikan kecerahan layar Anda, lihat petunjuk dari produsen PC mobile Anda. Setiap komputer sedikit berbeda, tetapi biasanya Anda dapat menggunakan kombinasi tombol, tombol fungsi, atau perangkat lunak untuk meredupkan layar.

    Bahkan lebih baik daripada peredupan layar pengosongan sepenuhnya ketika Anda tidak menggunakan komputer Anda. Anda dapat lebih meminimalkan konsumsi daya dengan mengurangi jumlah waktu komputer idle sebelum layar berjalan kosong. Skema listrik dan rencana daya pada Windows membiarkan Anda menyesuaikan pengaturan daya untuk mematikan layar setelah sesedikit satu menit tidak aktif. Selain itu, sejumlah pengembang perangkat lunak pihak ketiga menawarkan aplikasi gratis yang memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan off dan pada saat akan.

  • Matikan nirkabel

    Saluran lain yang signifikan pada daya baterai Anda adalah kartu nirkabel Anda. Anda harus mematikan perangkat nirkabel Anda ketika Anda menggunakan mobile PC Anda, tetapi tidak terhubung ke jaringan nirkabel. Anda juga dapat menghapus kartu Wi-Fi Anda atau tekan tombol perangkat keras pengguna (atau switch) pada komputer Anda, jika Anda menggunakan PC mobile Centrino berbasis. Lihat petunjuk dari produsen PC mobile Anda untuk belajar di mana tombol hardware manual. Komputer lain mungkin mengharuskan Anda mematikan koneksi nirkabel menggunakan pengaturan perangkat lunak. Sekali lagi, konsultasikan instruksi manual untuk rincian

  • Tambahan Tips hemat daya

    Selain menyesuaikan pengaturan daya untuk memaksimalkan umur baterai, simak tips berikut untuk meminimalkan konsumsi daya ketika Anda jauh dari outlet listrik.
Matikan tugas yang dijadwalkan. Jika Anda menggunakan tugas yang dijadwalkan untuk menjalankan program atau script, atau jika Anda menjadwalkan tugas-tugas lain terjadi secara otomatis pada waktu yang telah ditetapkan, menentukan bahwa tugas-tugas ini tidak akan dilakukan saat komputer beroperasi dengan daya baterai.

Keep the use of tools in the notification bar to a minimum. Try to minimize your central processing unit (CPU) usage. Look at the notification area of the taskbar and close any tools (or utilities) that are not necessary. Often, these tools are installed on the computer when you first receive it. Windows 7 users can also click the up arrow at the end of the notification area to see tools and utilities that are hidden but available. The notification bar, shown below, is on the bottom right of your computer desktop. 

Batasi kegiatan intensif daya. Hindari menonton DVD, mendengarkan CD, atau bermain game online pada mobile PC Anda ketika Anda perlu untuk menghemat daya baterai.

Tambahkan memori. Anda dapat meminimalkan ketergantungan Windows pada memori virtual dan mengurangi konsumsi daya dengan menambahkan memori (RAM) ke PC mobile Anda. (Toko untuk memori tambahan.)


Dengan menyesuaikan pengaturan PC mobile Anda untuk menghemat daya baterai dan dengan menerapkan tips ini, Anda dapat meredakan stres dan ketidaknyamanan kehabisan daya baterai.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

mohon menggunakan bahasa yang baik