Search....

Cara Mengatasi dan Penyebab Komputer Not Responding

Komputer Not Responding, This Pogram not Responding, Windows Explorer is not Responding, ada banyak kemungkinan mengapa komputer / Laptop  anda “Not Responding” atau komputer anda menjadi lambat sekali, beberapa kemungkinan komputer responding bisa disebabkan karena ada masalah di Hardware atau Software pada komputer / Laptop anda. 
Menanggapi masalah Komputer / Laptop dengan sistem Operasi Windows XP / Windows 7 yang sering mengalami Windows Not Responding, ketika sedang membuka aplikasi seperti Microsoft Office dan melakukan pekerjaan anda seperti biasa dan ketika anda kan menutup Program Microsoft tersebut dengan klik tanda “X” (close) tetapi Microsoft Excel tidak tertutup dan tampil layar putih berbayang, kemudian anda mencoba klik tanda Close kembali maka muncul Not Responding, This Program Not Responding.
Not Responding sering terjadi pada komputer anda, biasanya disebabkan karena faktor hardware atau software bahkan bisa jadi karena ada virus pada komputer anda, Berikut ini Penyebab Komputer Not Responding dan cara mengatasi komputer Not Responding pada Windows 7 dan Windows XP ;
  1. Startup Komputer : Startup Komputer menjadi penyebab komputer sering mengalami komputer Not Responding,  Terlalu banyak shortcut / aplikasi pada startup komputer bisa menyebabkan komputer terlalu lama untuk me-load aplikasi tersebut sehingga komputer sering mengalami Not Responding.  Klik Start, All Programs, Startup, Hapuslah Aplikasi yang tidak diperlukan saat Komputer startup.
  2. Windows Error / Corrupt :  Not Responding, bisa disebabkan dengan Windows yang sudah error atau beberapa File Windows Corrupt. Lakukanlah Repair atau Re-install pada Komputer anda.
  3. Hardware : Dalam beberapa kasus komputer Not Responding, Hardware pada komputer sudah rusak dan dapat menyebabkan komputer Not Responding. Semisal Harddisk, Jika sudah lemah bisa menyebabkan komputer lambat bekerja karena untuk membaca harddisk membutuhkan waktu yang cukup lama dan komputer menjadi Not Responding.
  4. Spesifikasi Hardware :  Spesifikasi komputer seharusnya menyesuaikan dengan pekerjaan yang anda lakukan setiap harinya. Dalam kasus yang pernah saya alami, Komputer tersebut digunakan untuk Software AutoCAD tetapi dengan Memory RAM 1GB, maka komputer tersebut mengalami Not Responding ketika menggunakan AutoCAD. Jika Software / Aplikasi yang anda gunakan membutuhkan spesifikasi tinggi, baiknya anda menggunakan hardware sesuai dengan spesifikasi minimum.
  5. Virus, Spyware : Penyebab komputer Not Responding lainnya adalah karena virus, Virus yang ada pada komputer anda bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat dan komputer menjadi Not Responding. Pastikan Software Antivirus pada komputer anda  berjalan dengan baik dan selalu Update Antivirus anda.
Sebagai kesimpulan, Update Windows anda dan Antivirus / Spyware selalu update, Jika hardware anda bermasalah alangkah baiknya diganti dengan yang baru

1 comment:

mohon menggunakan bahasa yang baik